Mengenal Plugin Weapon [NST_WPN] & Bagian-Bagiannya
- [type]
Untuk Type, bisa diisi dengan berbagai pilihan :
- jika senjata tersebut NORMAL, dalam arti sama dengan senjata standard CS yang lain.
- jika senjata tersebut mempunyai model kedua ( model kedua dalam arti senjata bisa berubah model maupun berubah jenis. Misal SMG menjadi Rifle )
- jika senjata tersebut ada tambahan extension berupa pisau, contohnya AK-47 Knife.
- jika senjata tersebut mempunyai model kedua berupa Grenade Launcher
- jika senjata tersebut berjenis Shotgun ( manual shotgun ), dan mempunyai animasi “reload ammo”
- jika senjata tersebut mempunyai Special attack berupa tembakan cahaya ( contoh : K-1aex Scorpion )
- untuk senjata berjenis m134 ( gatling gun )
* Untuk pilihan selain nomor 1 diperlukan setting tambahan yang akan dijelaskan di akhir tutorial ini.
- [name]
Diisi sesuai kehendak Anda , tulisan ini muncul pada saat senjata tersebut dibeli, dan akan muncul dibagian kiri layar.
- [model]
Diisi
sesuai dengan model senjata. Model senjata adalah file dengan
eksistensi file *.mdl. Dalam pengisiannya cukup tuliskan nama depannya
saja, tidak usah memakai .mdl.
Misal : v_m4a1maka dalam pengisian script ditulis cukup m4a1-nya saja.
Misal : v_m4a1maka dalam pengisian script ditulis cukup m4a1-nya saja.
- [wchange]
Wchange ini adalah sebagai acuan dasar senjata yang akan di-edit. Ada 30 jenis wchange :
1 untuk senjata P228
3 untuk senjata Scout
4 untuk senjata HE Grenade
5 untuk senjata XM1014
6 untuk senjata C4
7 untuk senjata MAC10
8 untuk senjata AUG
9 untuk senjata Smoke Grenade
10 untuk senjata Elite
11 untuk senjata FiveSeven
12 untuk senjata UM45
13 untuk senjata SG550
14 untuk senjata Galil
15 untuk senjata Famas
16 untuk senjata USP
17 untuk senjata GLOCK18
18 untuk senjata AWP
19 untuk senjata MP5
20 untuk senjata M249
21 untuk senjata M3
22 untuk senjata M4A1
23 untuk senjata TMP
24 untuk senjata G3SG1
25 untuk senjata Flashbang
26 untuk senajta Desert Eagle
27 untuk senjata SG552
28 untuk senjata AK47
29 untuk senjata Knife
30 untuk senjata P90
- [damage]
Diisi
dengan angka bilangan bulat. Dimana pengisian tersebut adalah
perbandingan damage senjata CS asli. Contoh : Senjata tersebut
ber-wchange 28 ( AK-47 ), maka jika diisi dengan angka “1”, damage
senjata tersebut akan sama dengan damage AK-47 CS Standar. Sedangkan
jika diisi dengan 2, maka damage senjata tersebut mempunyai damae 2 kali
lipat damage AK-47 CS Standar.
- [speed]
Sama
seperti kolom damage, nilai yang diisikan disini adalah nilai
perbandingan. Tetapi perbandingan disini adalah perbandingan Fire
Speed/Rate of Fire dari senjata tersebut. “1” jika sama dengan fire
speed senjata asli, kurang dari “1” jika fire speed lebih deras dari
senjata asli, dan lebih dari “1” jika fire speed lebih lambat dari
senjata asli.
- [zoom]
Zoom disini adalah extension membidik pada saat kita menekan klik kanan mouse.
0 jika senjata tersebut tidak memiliki kekeran
1 jika senjata tersebut memiliki zoom seperti AUG dan Krieg 552
2 jika senjata tersebut memiliki zoom seperti Sniper Rifle ( zoom dekat dan jauh )
3 jika senjata tersebut memiliki zoom dengan menggunakan model terpisah. ( misal : Tar-21, ACRB )
- [clip]
Diisi dengan angka, yang mempresentasikan jumlah peluru dalam 1 magazine.
- [ammo]
Diisi dengan angka, yang mempresentasikan jumlah peluru total ( dalam 1 senjata )
- [recoil]
Adalah
kolom yang mempresentasikan hentakan yang dihasilkan senjata pada saat
ditembakkan. Diisi dengan perbandingan senjata asli. 1 jika sama dengan
senjata asli, kurang dari 1 jika hentakan lebih pelan, lebih dari 1 jika
hentakan lebih keras dari senjata asli.
- [sight_time]
Diisi dengan angka yang menentukan jumlah waktu yang diperlukan untuk mengaktifkan zoom.
- [sight_model]
Diisi dengan nama models kekeran yang berada di models\nst_wpn, jika pada kolom [zoom] diisi nilai 3.
- [cost]
Diisi dengan harga senjata ( dalam ribuan, atau ratusan )
- [sound]
Diisi 0 jika Anda tidak mempunyai suara senjata ( sehingga akan menggunakan suara senjata asli )
Diisi 1 jika Anda mempunyai suara sendiri untuk senjata tersebut.
- [team]
Diisi 0 jika senjata tersebut untuk CT dan TERO
Diisi 1 jika senjata tersebut untuk TERO
Diisi 2 juka senjata tersebut untuk CT
- [buy]
Diisi 0 jika senjata tersebut tidak buyable
Diisi 1 jika senjata tersebut buyable
*dapat dibeli oleh player
Sedangkan untuk kolom :
- [gravity]
- [knockback]
- [reload]
- [deploy]
- [fastrun]
Ikuti saja dengan script senjata lain yang mempunyai wchange sama.
=> Untuk pengisian [type]2, setelah [buy] maka ada beberapa tambahan :
- d_timechange1]
Diisi dengan waktu transformasi/perubahan untuk menjadi model pertama ( dalam detik )
- [d_timechange2]
Diisi dengan waktu transformasi/perubahan untuk menjadi model kedua ( dalam detik )
- [d_damage]
- [d_speed]
- [d_zoom]
- [d_recoil]
- [d_clip]
- [d_reload]
- [d_deploy]
- [d_sightmodel]
Nilai
tersebut diisi sama dengan penjelasan diatas tadi. Dan nilai tersebut
akan menjadi nilai saat sejata menjadi senjata model kedua.
=> Untuk pengisian [type]3, setelah [buy] maka ada beberapa tambahan :
- [k_time]
Diisi lama-nya model tambahan ( knife ) beraksi.
- [k_radius]
Diisi jangkauan model tambahan ( knive ). Dalam hitungan feet.
- [k_damage]
- [k_deploy]
- [k_knockback]
Nilai
tersebut diisi sama dengan penjelasan diatas tadi. Dan nilai tersebut
akan menjadi nilai saat senjata menjadi senjata model tambahan ( knive
).
=> Untuk pengisian [type]4, setelah [buy] maka ada beberapa tambahan :
- [l_nade]
Diisi dengan jumlah senjata yang dapat di-launcher-kan ( standarnya hanya “1” )
- [l_costammo]
Diisi dengan harga peluru Grenade Launcher tersebut. ( per butir )
- [l_timechange1]
Diisi lama waktu merubah ke model senjata biasa ( dalam detik )
- [l_timechange2]
Diisi lama waktu merubah ke Grenade Launcher Mode. ( dalam detik )
- [timereload]
Diisi waktu lama reload peluru Grenade Launcher dari peluru satu ke peluru lainnya.
- [l_knockback]
Diisi dengan nilai perbandingan hentakan yang diterima musuh saat terkena ledakan GL.
- [l_radius]
Diisi dengan radius ledakan peluru Grenade Launcher. ( dalam feet )
- [l_damage]
Diisi
dengan damage ledakan Grenade Launcher. ( dalam jumlah HP ) > Jika
dimasukkan 50, maka darah musuh akan berkurang 50 saat terkena ledakan.
- [l_type]
Diisi 0 jika mode Grenade Launcher tersebut merupakan Extension suatu senjata.
Diisi 1 jika mode Grenade Launcher tersebut merupakan senjata asli ( bukan extension ).
=> Untuk pengisian [type]5, setelah [buy] maka ada beberapa tambahan :
- [s_timereload]
Diisi dengan lama waktu reload ammo ( dalam detik ).
=> Untuk pengisian [type]6, setelah [buy] maka ada beberapa tambahan :
- [lg_ammo]
Diisi dengan jumlah ammo senjata tambahan.
- [lg_costammo]
Diisi dengan harga tiap ammo senjata tambahan tersebut.
- [lg_damage]
Diisi dengan damage senjata tambahan tersebut. ( dalam HP )
- [lg_radius]
Diisi dengan radius ledakan dari senjata tambahan.
- [lg_knockback]
Diisi dengan nilai hentakan yang diterima musuh saat terkena. ( dalam perbandingan ).
- [lg_deploy]
Diisi dengan waktu yang diperlukan untuk memakai senjata tersebut (setelah ganti senjata, misal : piso )
- [lg_timeattack]
Diisi dengan lama waktu sampai senjata tambahan dapat menembak lagi.
- [lg_color]
Diisi dengan tiga nilai yang dipisahkan dengan tanda –
Nilai pertama memberikan tingkat warna RED
Nilai pertama memberikan tingkat warna GREEN
Nilai pertama memberikan tingkat warna BLUE
Dengan rentang antara 0 sampai 255 dimana 0 berarti sangat lemah dan 255 berarti sangat kuat.
NOTE :
- Pengisian plugins tidak memakai spasi sama sekali
- Pengisian harus urut sesuai uturan diatas
- Plugins ini sangat sensitive dengan huruf. Jadi usahakan pengisian dengan huruf kecil semua.
- Jika plugin sudah benar, buka folder : cstrike\addons\amxmodx\configs atau
czero\addons\amxmodx\configs - Lalu copy-kan barus script plugins kedalam nst_wpn.ini